Friday, August 26, 2016

Petinggi Grup Lotte Mart Bunuh Diri.

Salah satu petinggi grup Lotte Korea ditemukan tewas, Sabtu (27/8) siang waktu setempet diduga kuat karena bunuh diri. Jasad Lee In-won, Wakil Presiden Direktur, ditemukan tergantung di sebuah pohon pinggir jalan, di luar Ibu Kota Seoul.

Korean Times melaporkan saat ditemukan Lee mengenakan celana pendek dan jaket hitam. Dia tergantung dengan seikat dasi. "Saat kami tiba di lokasi setelah mendapat laporan oleh warga, korban sudah meninggal," kata Hyung Dae-ryong, Kepala Polisi Sektor Seojong.

Lee tewas hanya beberapa jam sebelum diperiksa oleh Kejaksaan Seoul. Aparat hukum pada Juni lalu sudah menggerebek kantor pusat Lotte untuk kasus monopoli usaha. Dari perkembangan penyidikan, pendiri Lotte, Shin Dong-bin, diduga memperoleh pendapatan dari jalur ilegal serta melakukan pembukuan ganda antara sesama perusahaan dalam satu grup untuk menciptakan kesan untung.

Lee, 69 tahun, adalah tangan kanan keluarga Shin. Dia menapaki karir sebagai pegawai rendahan sejak 1973 di bisnis Lotte yang awalnya produsen permen karet. Jabatannya terus meningkat, sampai kemudian Lee mendapat kepercayaan memimpin bisnis Lotte Shopping, yang 10 tahun terakhir sudah melebarkan sayap ke Indonesia. Lotte saat ini tercatat sebagai konglomerasi terbesar kelima di Korea Selatan.

Pihak Lotte melalui keterangan tertulis menolak berkomentar tentang motif Lee bunuh diri. Namun mereka mengakui salah satu pimpinan mereka meninggal sebelum diperiksa kejaksaan. "Mendiang Lee adalah pemimpin yang mengelola urusan harian seluruh Grup, dan sangat dekat dengan presiden direktur Shin Dong-bin," demikian pernyataan tertulis dari Lotte, seperti dikutip Kantor Berita Reuters.

Kejaksaan Seoul akan menunda investigasi terkait Lotte, namun menyatakan kasus ini bakal diteruskan dengan keterangan saksi lainnya. Keterangan Lee sebetulnya sangat diperlukan untuk menyelidiki keterkaitan Presdir Shin Dong-bin dengan kasus rekayasa pembukuan Lotte.

Bukan kali ini saja petinggi perusahaan swasta dan BUMN di Korsel bunuh diri ketika diperiksa terkait kasus korupsi. Pada Juli 2014, Kim Kwang-jae selaku mantan Ketua Otoritas Kereta Api Korsel, bunuh diri dengan meloncat ke sungai Han. Dia akan diperiksa terkait suap dari perusahaan peserta tender pengadaan rel. Chun Mong-hun, mantan CEO Hyundai, juga bunuh diri sebelum dipanggil oleh polisi.
Load disqus comments

0 comments